Macam-Macam Jabatan Yang Disandang Oleh Brainware

Brainware merupakan bagian paling penting dari sebuah komputer. Perangkat keras tidak dapat bekerja tanpa perangkat lunak. Sementara perangkat keras dan perangkat lunak memerlukan brainware untuk menggunakannya. Brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual dalam hal ini otak manusia yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.


Dibawah ini ada beberapa macam-macam jabatan yang disandangkan oleh brainware itu sendiri sesuai fungsinya masing-masing, diantaranya :

Programmer
Merupakan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool programming yang tersedia.  

System Analyst
Merupakan orang yang mempelajari sebuah proses bisnis dan menuangkannya dalam sebuah rancangan system sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam system komputerisasi yang terintegrasi.  

System Administrator
Merupakan orang yang bertugas untuk mengelola sebuah system computer yang dirancang oleh system analyst dan dibuat oleh programmer.  

Database Administrator
Merupakan orang yang mengelola sebuah system database.  

Database Engineer
Merupakan orang yang merancang sebuah system database sehingga system ini dapat mengakomodir kebutuhan akan pengelolaan data, baik saat Ini maupun saat akan dating.  

System Integrator
Merupakan orang yang membangun system computer yang telah dirancang oleh system analyst dan mengintegrasikan system yang ada dengan system yang mungkin akan dibangun kemudian hari.  

Network Designer
Merupakan orang yang merancang sebuah system jaringan komputer  untuk menghasilkan sebuah jaringan computer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.   

Network Engineer
Merupakan orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang networking . Dia bertanggung jawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.

Software Engineer
Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah perangkat lunak  seperti : aplikasi, driver, dan system operasi.  

Hardware Enginee
Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah perangkat keras sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.   

System Auditor
Merupakan orang yang bertugas mengaudit sebuah system komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah system komputerisasi, sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan system yang ada menjadi lebih sempurna lagi.   

Pengguna (user)
Merupakan orang yang menggunakan system computer yang ada.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger